dangdut

Sabtu, 12 September 2015

10 lagu Dangdut Lomba Cipta (LCLD) Tahun 91

10 tembang dangdut pilihan album lomba cipta lagu 1991
Digelarnya kembali Lomba Cipta Lagu di tahun 2013 tingkat Nasional oleh PAMMI, mengingatkan kami pada ajang yang sama sekitar 20 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1991. Di tahun tersebut, PAMMI berhasil menggelar even tersebut dan membuat album kompilasi 10 lagu hasil lomba cipta tembang Dangdut. Sebagai urutan teratas side A dalam album kaset tersebut adalah karya cipta Yus Yunus yang bertajuk Tanda Cinta. Namun demikian, lagu ini bukanlah sang jawara pada even tersebut

Sedangkan sang pemenang dalam lomba tersebut adalah lagu bernuansa daerah, yang berjudul Bali Tersenyum yang merupakan ciptaan Denny Albar. Selain Bali Tersenyum, ada pula karya cipta yang menurut saya luar biasa dan dinyanyikan oleh penyanyi yang punya kualitas vokal yang luar biasa pula, Rita Sugiarto. Adalah Si Kecil, sebagai jawara kedua yang merupakan karya dari Ottif Marisa.

Sebagai juara ke-3 adalah "Rahasia Kehidupan" yang merupakan karya Edi Budianto yang kemudian dinyanyikan oleh Imam S. Arifin dalam album tersebut, sementara aransemen musiknya digarap oleh komposer Dangdut ternama, Harry B.

Untuk lebih lengkapnya inilah 10 Tembang hasil Lomba Cipta tahun 1991 yang juga digelar oleh PAMMI berdasarkan kaset yang beredar waktu itu:

Side A
1. Tanda Cinta - Meggy Z, Cipt. Yus Yunus 
2. Si Kecil - Rita Sugiarto, Cipt. Ottif Marisa [ Download ] [ Play ]
3. Di Balik Tirai Tradisi - Mansyur S,  Cipt. A Karim MA
4. Bali Tersenyum - Bariah Hamied, Cipt. Denny Albar [ Download ] [ Play ]
5. Matipun Berani - Yusnia dan Latief Khan, Cipt. Abd. Kholiq MZ

Side B
1. Rahasia Kehidupan, Imam S Arifin, Cipt. Eddy Budianto  [ Download ] [ Play ]
2. Kau Tetap Misteri, Riza Umami, Cipt. HB. Faisal
3. Aku Ingin Kasih Sayang, Hamdan ATT, Cipt. Risna Margana
4. Rembulan Di Siang Hari, Intan Ali, Cipt. Husein Auda
5. Untukmu Seniman, Jhonny Iskandar, Cipt. Bongky Soedibyo

Dari daftar tersebut, penulis merasa heran, karena sang juara, Bali Tersenyum tidak berada di urutan teratas Side A, demikian pula untuk juara 2 dan 3. Adakah kriteria dalam penentuan daftar lagu di album kompilasi tersebut?. Ya, Mungkin, meskipun lagu ciptaan Denny Albar tampil sebagai pemenang dari pandangan Juri, akan tetapi masyarakat lebih menjadikan Tanda Cinta sebagai tembang favoritnya.

Sekedar tambahan:

Tanda Cinta  ini merupakan awal langkah kesuksesan pedangdut senior Yus Yunus yang mengawali langkahnya sebagai seorang penyanyi karena karyanya masuk dalam 10 album tersebut dan menjadi yang terfavorit dalam pandangan masyarakat. Sebagai awal karir bernyanyinya, beliau juga ternyata sukses menelorkan album perdananya yang berjudul Sapu Tangan Merah. Berangkat dari situ, mari kita sukeskan lomba ini, semoga dengan ini, adalah langkah awal untuk kesuksesan anda terjun sebagai artis papan atas Indonesia. Semoga...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar