dangdut

Senin, 21 September 2015

Daftar Artikel Blog Masuk Google Sandbox

Beberapa minggu lalu, tepatnya mulai tanggal 4 September 2013, blog Dangdut Indonesia telah mengalami penurunan jumlah pengunjung secara drastis dan rank alexa yang juga semakin merangkak. Ketika saya cari solusi kesana kemari ternyata salah satu faktornya adalah karena beberapa artikel blog dangdut masuk Google Sandbox, meski tidak semua.

Google sandbox adalah sejenis hukuman atau penjara yang diberikan oleh pihak Google terhadap satu atau beberapa posting artikel karena dinilai tidak layak ditampilkan  di google (atau bahkan di halaman pertama google search setelah kita memasukkan kata kunci atau judul posting artikel) karena adanya pelanggaran aturan tertentu yang ditetapkan mesin pencari terbesar itu.

Jenis hukuman tersebut telah menimpa blog dangdut ini. Beberapa artikel yang dulu pernah nangkring di halaman pertama pencarian  google.co.id dan google.com (ketika saya menuliskan kata kunci atau judul posting) tiba-tiba hilang entah kemana atau terbang jauh di halaman yang tidak diketahui.

Salah satu sebab sebuah blog terkena hukuman sandbox (yang sebenarnya saya sendiri tidak tahu, karena semua tulisan di sini original alias bukan copy paste dan plagiat) mungkin karena telah menyalahi aturan Webmaster Guidelines dan juga Google Webmaster FAQ. Sebagai contoh misalnya banyaknya backlink unnatural yang masuk baik disengaja atau tidak, atau optimasi SEO yang berlebihan baik itu onpage atau offpage.

Menurut Wikipedia, pengaruh atau dampak dari google sandbox (sandbox effect) itu salah satunya adalah menghilangnya posting artikel dari pencarian ataupun jika ada, entah di halaman ratusan atau bahkan ribuan. Dua faktor penting yang menjadi sebab menurut wiki adalah keyword stuffing dan usia blog yang masih muda tapi menggeser blog/web besar yang sudah lama nangkring di google.

Itulah yang menyebabkan visitor blog ini (yang hampir menyentuh 10.000 pengunjung/hari) menurun drastis bahkan lebih dari 90% tepatnya sejak 4 September lalu.  Jumlah artikel yang terkena hukuman Sandbox juga hampir separuh dari total posting yang ada di blog ini. Semoga masalah ini cepat teratasi dan mbah google mau membuka hati setelah adanya perbaikan ini.

Update: tepat 1 bulan 7 hari, blog ini kembali normal setelah selama waktu tersebut sedang dievaluasi oleh google, dan alhamdulillah visitor kembali seperti semula dan tidak ada posting yang masuk google sandbox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar