dangdut

Minggu, 13 Desember 2015

Grup Vokal Terkenal dan Koleksi Lagunya (Cukup 1x klik)

Koleksi lagu vokal grup yang saya share di sini maksudnya adalah koleksi lagu dari grup vokal terkenal (non band) yang terdiri dari 3 penyanyi Dangdut atau lebih seperti Manis Manja, Sekar Langit, Trio Sakhera, PMR, Trio MIE, Trio BAM, Kelompok Centil, Bintang-Bintang MSC, Kumbang Jati Grup, Dan Kawan Kawan.

Saya tertarik memposting ini dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada generasi baru pecinta Dangdut agar mereka tidak hanya mengenal grup vokal seperti Trio Macan, 3 Kucing dan trio-trio yang lain.

Vocal Grup Dangdut terkenal dan koleksi lagu yang bisa didownload

Berikut ini daftar grup vokal terkenal yang langsung disertai download mp3 cukup 1x klik saja

1. Manis Manja Grup

Bagi pecinta Dangdut di era 90an,  tentu sudah tak asing lagi dengan grup vokal yang terdiri dari 5 penyanyi Dangdut terkenal yaitu Ine Sinthya, Lilis Karlina, Yulia Citra, Murni Chania, Kitty Adriani. Manis Manja grup ini melejit lewat album Aduh Buyung hasil karya cipta (alm) Fazal Dath yang diluncurkan pada 1993/1994.

Koleksi Lagu Terkenal Manis Manja Grup

  1. Aduh Buyung - Cipt. Fazal Dath
  2. Jodoh - Cipt. Sujono
  3. Bul Kibal Kibul - Cipt. Zoel Anggara
  4. Hanya Cinta Yang Kupunya - Cipt. Sonny JS
  5. Biduan - Cipt. Fazal Dath
  6. Bete
  7. Dan lain-lain

2. PMR

Grup ini lahir di era 70an akhir atau awal 80an yang digawangi oleh Jhony Iskandar dan kawan-kawan. Grup yang merupakan singkatan dari Pengantar Minum Racun ini sebenarnya bagian dari grup Dangdut pada umumnya seperti Soneta, Monata, Sera, Monata New Pallapa dan sebagainya. Cuma vokalnya tidak hanya diisi oleh satu orang saja, tapi diisi bareng-bareng oleh seluruh personelnya untuk sebagian besar koleksi lagunya, meskipun yang paling dominan adalah Johny Iskandar sendiri. Grup ini sendiri terdiri dari Jhony Iskandar, Matroji, Budi, Imman, Hary dan Yurry. Salah satu album yang paling terkenal adalah Judul-judulan (neng ayo neng..ayo main pacar-pacaran). Salah satu ciri khas dari grup ini adalah sisi jenaka dan plesetan (tidak serius) dalam syair lagunya, misalnya Pergi Tanpa Pesan, Banjir Di Malam Minggu, Malam Jumat Kliwon dll. Ini karena memang grup ini dibentuk sebagai grup musik humor. Akan tetapi yang saya suguhkan link downloadnya hanya untuk lagu yang terkenal saja.

Koleksi Lagu PMR Terkenal

  1. Judul - Judulan
  2. Malam Jumat Kliwon
  3. Pergi Tanpa Pesan
  4. Jamilah
  5. Antara Cinta dan Dusta
  6. Ada Nggak Ada
  7. dan lain-lain
Meski dilihat dari judulnya biasa saja, namun jika dilihat dari syair dan cara menyanyikannya ada banyak sisi jenaka dan plesetan dari lagu aslinya. Semua lagunya diciptakan atas nama PMR

3. Sekar Langit

Vocal grup ini terdiri dari para Diva Dangdut Indonesia yang sudah tak asing lagi bagi Dangdutmania, yaitu Camelia Malik, Evie Tamala dan Iis Dahlia. Ada dua koleksi lagu saja yang terkenal dari grup ini, yaitu Balada Dangdut dan Tentang Cinta

Koleksi Lagu Trio Sekar Langit Yang Terkenal

  1. Balada Dangdut - Cipt. Rudhes Dasua
  2. Tentang Cinta - Cipt. Evie Tamala

4. Trio Sakhera

Grup vokal ini semuanya adalah penyanyi Dangdut pria terkenal di masanya, yaitu Imam S Arifin, Latief Khan dan Jhony Iskandar.

Koleksi Lagu Trio Sakhera Yang Terkenal

  1. Putus Lagi - Cipt. Latief Khan
  2. Kasihku
  3. Untung

5. Kumbang Jati Grup

Grup ini juga semuanya penyanyi laki-laki yang terdiri dari, Fazal Dath, Dayu AG, Indra Bambang, Solid AG dan Alik Ababil.
  1. Bukan Sembrang Pria - Cipt. Sujono 
  2. Aduh Upik (sebagai jawaban dari Aduh Buyung)
  3. Nona Manis Cipt. Fazal Dath
  4. Dan lain-lain

6. Bintang Bintang MSC

Vocal grup ini semuanya berasal dari artis-artis dari sebuah label terkenal yaitu MSC Record yang jumlahnya lebih dari 10 penyanyi, yaitu EVIE TAMALA, MEGA MUSTIKA, YUSNIA, DAHLIA, ONA SUTRA, JHONNY ISKANDAR, IMAM S. ARIFIN, KUNTET MANGKULANGIT, B. MAKAYOCK, TRIO KUCHICA dan PMR.

  1. Hujan Di Malam Minggu - Cipt. Wildan Nasution
  2. Dendang Rindu
  3. Kita Semua Sama
  4. Dan lain-lain

7.  TRIO MIE

Grup vokal wanita seperti Manis Manja yang terdiri dari Mila Roza (M), Ikke Nurjanah (I), dan Erie Suzan (E)
  1. Pasangan - Cipt. Sujono/Suanto
  2. Mau Lagi
  3. Dan lain-lain

8. TRIO BAM

Grup vokal ini pernah melejit di pertengahan era 90an lewat jalur Disco Dangdut yang sedang populer saat ini. Anggotanya ada Baby Ayu (B), Anies Marsela (A) dan Mery Andani (M).
  1. Itu Bibir Jangan Memble - Cipt. Jefry Bule

9. Kelompok Centil

Kelompok Centil merupkan grup vokal yang digawangi oleh Ine Synthia dan Lilis Karlina sebelum membentuk Manis Manja grup. Selain Ine dan Lilis ada juga Yohana Cathy, Anti Mariska, dan Nurmala
  1. Abah Emak - Cipt. Fazal Dath
  2. Antri
  3. Dll

10. Gadis Manja Group

Grup ini lahir mewakili era Pop dan Disco Dangdut 90an dengan lagu yang sangat terkenal di waktu itu yaitu Cinta Karet. Grup ini terdiri dari Yenni Eria (pelantun Cintaku Terbagi Dua), Amastasia Dau, Conny Nurlita dan Vivi ?.
  1. Cinta Karet - Cipt. Nawawi

11. Sandy's

Saya kurang mendapat info selebihnya tentang grup ini. Namun lagunya pernah populer pula di era 90an.
  1. Cinta Anak Zaman - Cipt. (Latief Khan)

12. Dan Kawan - Kawan (Evie Tamala, Nais Larasati, Dayu AG, Intan Ali, Lita Citra Dewi, Jacky Hasan)

  1. Sayang  - Cipt. Evie Tamala/Lita Citra Dewi

Itulah beberapa vokal grup dengan koleksi lagunya yang terkenal. Sebenanrya masih ada grup-grup yang lain termasuk yang lahir di era Dangdut koplo. Namun, karena tujuan saya untuk memperkenalkan kepada Dangduter sekarang, jadi saya tidak memasukannya dalam daftar karena sudah tentu mereka sudah mengetahuinya.

Sebelum sobat close halaman ini, tak ada salahnya untuk menyimak atau download lagu album duel Lilin Herlina vs Via Vallen yang terdiri dari 12 lagu dengan judul yang sama yang dinyanyikan oleh bintang Dangdut Jawa Timur ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar